Senin, 15 Desember 2008

HALO naviGator64 Tren Baru SMS Banking


Perbankan di Indonesia dalam dua tahun terakhir diramaikan dengan kemudahan bertransaksi perbankan, baik dari internet banking atau e-banking, telephone banking sampai dengan mobile banking, yaitu transaksi perbankan melalui telepon bergerak moblile.
Mulanya, mobile banking ditawarkan dengan cara mengirim pesan pendek Short Message Service(SMS). Nasabah bank dibekali dengan berbagai kode untuk melakukan transaksi perbankan, misalkan ketik “sal” lalu kirimkan sms ke nomer bank tertentu untuk melakukan pengecekan saldo. Dan masih banyak lagi kode lain yang bisa jadi membingungkan bagi nasabah, dalam melakukan transaksi.
Seiring dengan perkembangan teknologi yang dimiliki oleh operator selular, penyediaan fitur terhadap transaksi mobile banking pun semakin dipermudah. Operator selular Exelcom, misalnya, menawarkan fitur yang ada di ATM, dalam mobile banking bank BCA. Fitur tersebut telah ditawarkan oleh Exelcom kepada nasabah Bank BCA, sejak tahun 2001 lalu. Namun mungkin karena pada saat itu penggunaan SMS dan handphone (HP) belum semarak seperti sekarang, maka transaksi mobile banking BCA pada saat itu belum begitu banyak.
Tidak mau kalah, pada 2002 lalu, operator selular terbesar yaitu Telkomsel melakukan ge-brakan yang sama, dengan menciptakan fitur seperti halnya yang ada di ATM, bekerja sama dengan Bank BNI. Untuk merealisasikan ATM dalam genggaman tersebut nasabah BNI dan pengguna operator Telkomsel harus memperbaharui kartunya dengan kartu HALO naviGator64 .
Teknologi Baru
HALO naviGator64 memang tergolong teknologi baru, karena merupakan kartu pascabayar yang baru dari Telkomsel dengan kapasitas memory 64 kilobite yang lebih besar dibandingkan kartu selular biasa.
KartuHALO naviGator64 memiliki kemampuan untuk menyimpan 200 nomor telepon dan 25 pesan singkat (SMS), juga mempunyai kemampuan browsing Mobile Banking dan informasi yang dibutuhkan.
Kemampuan kartuHALO naviGator64 tidak hanya terbatas pada komunikasi verbal, tapi juga memungkinkan untuk melakukan aktifitas selular lain, seperti IOD (Info On Demand) dan Multi Mobile Banking. Menu tambahkan ”T-Sel” yang akan muncul di ponsel Anda segera setelah kartuHALO naviGator64 diaktifkan, maka nasabah tak perlu lagi menghafal kode akses SMS pull service Telkomsel.
Kemampuan kartuHALO naviGator64 yang lain di bidang perbankan, yakni dengan cukup menggunakan ponsel, nasabah bebas melakukan transaksi perbankan dari mana saja. Adapun transaksi dimaksud dari informasi saldo akhir, transfer uang, daftar 5 transaksi terakhir, pembayaran tagihan, informasi nilai tukar rupiah, dan berbagai jenis transaksi perbankan lainnya. Bank yang telah bekerja sama dengan Telkomsel sampai saat ini, yakni Bank BNI, Bank Mandiri, Citibank, Bank Danamon, Bank Panin, Bank Buana Indonesia Bank Mandiri
Belum lama ini, Bank Mandiri bekerja sama dengan Telkomsel, juga meluncurkan layanan SMS Banking Mandiri yang berbasis pada kartuHALO naviGator64 Telkomsel. Peluncuran ini merupakan respon strategis atas sambutan masyarakat terhadap layanan SMS Banking Mandiri yang meningkat cukup pesat pada setahun terakhir.
Menurut Direktur Consumer Banking Bank Mandiri, Ormar S Anwar, telah meluncurkan SMS Banking Mandiri yang dapat diakses oleh seluruh operator selular domestik, sejak 14 Agustus 2002. Tercatat, pada akhir tahun 2002 jumlah penggunanya baru sebesar 17.272. Namun lanjut Omar, sampai dengan tanggal 23 September 2003, jumlah pengguna Mandiri SMS Banking telah mencapai 107.013, atau meningkat sebesar 519 persen.
Pangsa pengguna terbesar didominasi oleh pelanggan Telkomsel yaitu sebesar 53 persen, diikuti oleh pelanggan Satelindo 28,58 persen, ProXL 12,56 persen, dan IM3 5,88 persen. Jumlah total frekuensi transaksi selama bulan Agustus 2003 telah mencapai 214.108 transaksi.

Fitur Dikembangkan
Ditambahkan Anwar, selama ini layanan SMS Banking Mandiri dilakukan dengan cara ketik SMS, kini manfaat fitur telah dikembangkan melalui layanan dengan cara Pilih Menu, khususnya dengan menggunakan SIM card kartuHALO naviGator64 Telkomsel (Multi Mobile Banking System).
“Dengan layanan baru ini, pengguna SMS Banking Mandiri yang sekaligus menjadi pelanggan kartuHALO Telkomsel memiliki fleksibilitas/kebebasan untuk melakukan transaksi SMS Banking Mandiri, yaitu dengan Ketik SMS (apapun SIM card GSM nasabah) atau Pilih Menu untuk kartuHALO naviGator64 Telkomsel”, kata Omar S. Anwar,
Ditinjau dari aspek keamanan bertransaksi, antara Ketik SMS dan Pilih Menu pada dasarnya memiliki tingkat keamanan yang hampir sama. Bedanya adalah pada cara pengamanan bertransaksi.
Jika pada ketik SMS keamanan transaksi antara lain dilakukan dengan mendaftarkan nomor rekening dan mengetikkan kode transaksi tertentu pada ponsel (sehingga tidak ada pengetikan nomor rekening pada pesan SMS). Pada layanan SMS Banking Mandiri dengan kartuHALO naviGator64 ini mengingat pesan SMS tersebut dienkripsi, maka dimungkinkan dilakukannya pengetikan nomor rekening pada ponsel, sehingga transaksi pembayaran dan transfer antarrekening Bank Mandiri dapat dilakukan secara bebas tanpa perlu mendaftarkan rekening tujuan terlebih dahulu.
Untuk menjaga keamanan transaksi, nasabah diberikan berbagai unsur proteksi yang berlapis-lapis, antara lain nomor SIM card sebagai ID nasabah, nomor rekening sendiri harus didaftarkan terlebih dahulu ke cabang Bank Mandiri, transaksi hanya dapat dijalankan dari nomor SIM card yang terdaftar, ada limit transaksi per hari, serta transaksi diverifikasi dengan menggunakan PIN.
Seluruh proses transaksi SMS Banking Mandiri dilakukan secara otomatis oleh sistem komputer tanpa intervensi manusia (straight through processing/real time online).
(SH/syamsul ashar)

Copyright © Sinar Harapan 2003






Tidak ada komentar: