Sabtu, 20 September 2008

Sistem Proteksi Transaksi Perbankan - Mobile Banking


Pada tulisan sebelumnya kita membahas beberapa celah kelemahan yang terdapat pada aplikasi yang menggunakan Ponsel, diantaranya adalah Virus dan Spyware.


Masih berkaitan dengan artikel sebelumnya tentang ‘Keamanan pada Handphone atau Ponsel’. Pada tulisan ini kita akan mengulas lebih detail tentang Sistem Proteksi Transaksi Perbankan - Mobile Banking.


Pada pertengahan tahun 90-an mungkin kita hanya menggunakan ponsel sebagai alat komunikasi (suara maupun pesan singkat). Penggunaan Ponsel saat ini makin beragam, salah satunya adalah transaksi perbankan. Beberapa bank terkemuka di Indonesia pada umumnya sudah menyediakan fasilitas SMS-Banking (BCA, BankMandiri, BNI, LippoBank, dan beberapa bank lainnya yang sudah memiliki Teknologi maupun SDM yang makin memadai dan berkembang).


Ketika anda menggunakan Ponsel untuk melakukan transaksi, jika anda adalah seorang yang aware dengan sistem keamanan, pertanyaan pertama yang muncul pastilah ‘Apakah media yang saya gunakan untuk melakukan transaksi sudah cukup aman?


Salah satu perusahaan piranti lunak yang fokus pada mobile security belum lama ini me-release sebuah solusi yang dikenal dengan istilah ‘SMobile System’. System ini mengaplikasikan konsep Smobile’s Secure Mobile Banking and Trading pada SmartPhones dan Mobile Handsets, yang bertujuan untuk melakukan proteksi terhadap Mallware dan External Attack.
Informasi terkait teknologi ini dapat diperoleh disini.


Setiap pelanggan dapat dengan nyaman melakukan transaksi karena unsur-unsur privacy dan integrity sudah terpenuhi. Tidak hanya itu, software ini di claim mampu melakukan mitigasi resiko dan identitas pencuri (thief), juga mampu mendeteksi authorized transaction pada account yang bersangkutan. Tidak hanya itu, sistem ini juga dilengkapi feature virus protection, filtering text message, spam blocking, dan beberapa sistem proteksi lainnya.


SMobile System hanya satu diantara teknologi keamanan ponsel, yang pasti teknologi lainnya akan terus berkembang.


By Wetria Hendra • September 19, 2008


Tidak ada komentar: